Selasa, Maret 31, 2009

Penambang Pasir Pantai di Bengkulu Selatan

Di Manna, Bengkulu Selatan, banyak pasir pantai di gali untuk keperluan pasir bangunan. Setiap hari penambang pasir mengambil pasir, di bawah dengan menggunakan pedati yang dikendarai sapi.

Minggu, Maret 29, 2009

Desa Kesambe Baru Curup



Desa Kesambe Baru terletak di Kota Curup. Di desa ini masih banyak terdapat rumah-rumah lama / rumah panggung.

Jumat, Maret 27, 2009

Populasi Siamang Semakin Langka di Rejang Lebong




Siamang merupakan sejenis hewan yang tergolong dalam keluarga beruk. Nama latinnya Hylobates syndactalus. Hewan ini banyak ditemukan di hutan Rejang Lebong seperti di Hutan Wisata Bukit Kaba, Taman Nasional Kerinci Sebelat dan hutan lindung lain di Rejang Lebong.
Binatang yang dilindungi ini, semakin hari semakin menurun populasinya, karena semakin banyak hutan yang dibabat di daerah ini, juga perburuan liar yang menjual binatang-binatang liar. Di Curup, sering kita jumpai siamang di pelihara penduduk tanpa tindakan/larangan dari pihak berwenang.






Senin, Maret 23, 2009

Desa Beringin Tiga-Rejang Lebong







Desa Beringin Tiga terletak 18 km dari Kota Curup ke arah Padang Ulak Tanding-Lubuk Linggau. Desa penghasil sayur mayur ini merupakan ibukota kecamatan Sindang Kelingi.



Jumat, Maret 20, 2009

Selasa, Maret 17, 2009

Parkir Perahu Nelayan Di Pantai Pasar Bawah Manna-Bengkulu Selatan

Sore hari di Pantai Pasar Bawah Manna-Bengkulu Selatan. Perahu nelayan diparkir/ditambat, istirahat setelah seharian mengarungi Samudera Hindia mencari ikan.

Senin, Maret 16, 2009

Jimat Yang Di Gunakan Pada Anak-Anak Di Rejang Lebong




Pada masyarakat pedesaan, bahkan di perkotaan masih kita jumpai kepercayaan kekuatan suatu benda untuk mengusir/mencegah roh jahat / penyakit masuk ke tubuh manusia. Benda ini disebut jimat. Sebagian penduduk di pedesaan di Lebong/ Rejang Lebong menggunakan buah terakup, sebagai jimat. Menurut penduduk, buah ini jarang ditemukan, berkulit keras, seperti tempurung kelapa, buah ini dapat merekah sendiri, buah ini diikat dengan benang tiga warna. Jimat ini digunakan untuk menangkal setan, bila memakai jimat ini, setan mengetahui bahwa yang memakai adalah manusia, dan tak boleh diganggu. Jimat ini biasanya kalau anak sudah besar disimpan, dan dipakai kembali pada anggota keluarga lain. Disamping sebagai jimat, benda ini juga digunakan sebagai mainan anak.


Sabtu, Maret 14, 2009

Pabrik Teh PT.Agrotea-Bukit Daun




















Pabrik teh ini terdapat di Kampung Sajad, Bukit Daun-Rejang Lebong. Mengelolah teh dari Bukit Daun dan sekitarnya. Pabrik ini dialiri oleh listrik PLN. Tetapi untuk pemerosesan teh, ternyata masih menggunakan sumber energi kayu bakar. Kayu bakar dibeli dari masyarakat sekitarnya, terutama dari kayu kopi tua milik masyarakat.

Senin, Maret 09, 2009

Perkebunan Teh Bukit Daun

Perkebunan teh ini terletak di Kampung Sajad, Bermani Ulu. Terletak 22 km dari Curup. Untuk menuju ke sini, kita dapat melalui jalur persimpangan Tabarenah-Talang Gambir, atau persimpangan Pal Seratus.
Perkebunan teh ini dikelolah oleh PT.Agrotea. Perkebunan teh ini memproduksi teh cap Dandang.
Dari perkebunan teh ini kita dapat melihat kota Curup dan sekitarnya.
video

Minggu, Maret 08, 2009

Kami Pulang

Seharian kerja di Pantai Manna Bengkulu Selatan, mengangkut pasir pantai untuk dijual. Sore hari kami pulang ke rumah dan pulang ke kandang. Capek punggung memikul beban, besok, bekerja lagi.

Jumat, Maret 06, 2009

Peralatan Tradisional Propinsi Bengkulu






Peralatan tradisional dari Propinsi Bengkulu ini koleksi Museum Nasional Jakarta. Gambar paling atas digunakan untuk mengangkat barang, biasanya digunakan untuk ke kebun. Sedangkan gambar ke-2 dan ke-3 digunakan untuk menangkap ikan.

Selasa, Maret 03, 2009

Perkebunan Kopi Suban Ayam-Curup 1925-1937

Rumah pegawai perkebunan koipi di Suban Ayam

Mesin Penggilingan kopi buatan Perancis
Rumah kepala Perkebunan Kopi Suban Ayam
Kepala perkebunan :J. Sloekers dan keluarga


Tanaman kopi pada awalnya di Rejang Lebong ditanam di Suban Ayam, Pematang Danau, Kabawetan, Bengko dan sekitarnya oleh perkebunan Belanda. Salah satu perkebunan kopi di Rejang Lebong terdapat di Suban Ayam. Tampak pada foto keadaan perkebunan kopi di Suban Ayam tahun 1925-1937.

Sumber foto: KITLV dan Tropen Museum

Senin, Maret 02, 2009

Indahnya Kebersamaan (Muara Kedurang-Bengkulu Selatan)


Masa anak-anak begitu indah. Bermain bersama kawan-kawan. Ke`sawah, pantai dan sebagainya. Di gambar tampak anak-anak di Muara Kedurang Bengkulu Selatan, sedang bermain-main di Sungai. Kali tempat mereka bermain, menyenangkan

Memancing di Danau Bastari Curup


Danau Bastari Curup, disamping tempat wisata alam, di sini kita dapat juga memancing. Banyak orang memancing di sini, berasal dari daerah sekitar danau, Curup dan Lubuk Linggau. Ikan yang banyak didapat di sini adalah ikan mas, mujahir, betok, lele dan sebagainya. Tampak di foto, orang sedang memancing.

Kawan-kawan

Apakah Kota Curup layak mendapat Piala Adipura?

Emperan Jalan Merdeka Curup

Emperan Jalan Merdeka Curup
Jalan Merdeka adalah jalan utama kota Curup. Berbagai kegiatan dapat kita lihat di jalan ini

Pematang Danau

Pematang Danau
Daerah sekitar Danau Bastari

Kantor DPRD Rejang Lebong

Kantor DPRD Rejang Lebong

Kantor Bupati Rejang Lebong

Kantor Bupati Rejang Lebong